Selasa, 14 Agustus 2007

The Lenovo Affair

Iseng -iseng beli buku di uranus karena harganya lebih miring dari pada gramedia.Di terik matahari surabaya aku kesana naik motor bersama izzi.wah rencananya ke sana mau beli buku sms gateway eh ternyata setelah lirik sana lirik sini akhirnya buku ini kebawa juga.Dengan tiga buku ditangan akhirnya aku bawa ke kasir n duit 150 melayang di ganti dengan 3 buku baru.ini buku keduaku yang berkisah tentang perusahaan china setelah: CHINA INC.Buku ini berisi Perusahaan China yang mengejutkan dunia barat karena membeli IBM-pc.Terlepas dari kondisi ekonomi yang berat dan politik di china selama 20 tahun terakhir.Lenovo berhasil menjadi perusahaan komputer terbesar ketiga di dunia dengan nilai US$ 13 miliar.
Dalam perjalanannya,LENOVO sangat tergantung pada dukungan pemerintah china.Jadi perusahaan tidak ditanggung oleh pemegang saham melainkan oleh pembayar pajak yaitu rakyat china itu sendiri.Pahlawan dari buku ini adalah Liu Chuanzi Sebagai pemimpin perusahaan ia mengendalikan perubahan dramatis di china dan mencoba untuk mengawinkan keunikan dari sistem komunis dengan kelebihan dari sistem kapitalis.
Sama halnya dengan google yang dibangun diatas garasi, Lenovo dimulai dari sebuah ruangan dengan luas 20 meter persegi. Bangunan itu biasanya dipakai untuk pos atau gardu penjagaan.Tetapi bedanya dengan google yang dibangun dengan kesenangan dan kesantaian. Lianxiang adalah layaknya militer yang sedang bikin perusahaan.semuanya serba teratur dan penuh disiplin, dengan segala keterbatasan fasilitas.
Mau tahu apa hasil rapat pertama para pendiri Lenovo ? Rapat pertama memutuskan bahwa mereka harus menyapu lantai, karena kantor yang mereka gunakan adalah pos penjagaan.
Setelah baca buku ini mataku jadi terbuka . Laptop yang merk lenovo yang aku kira produk china yang murahan dan tidak berkualitas ternyata perusahaan yang mengakusisi IBM-pc.Mungkin benar peribahasa "jangan melihat buku dari covernya".Sama waktu menilai orang,peribahasa tersebut dirasa tepat dengan perusahaan ini.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

makanya kok di iklan2 mereknya jadi lenovo thinkpad.tak kirain mereka mbajak